Pelatihan Manajemen Masjid dan Pembangunan Karakter di Lingkungan DKM Al-Furqon GBR 3 Cilame

KBB sri-media.com,– Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya, para pengurus DKM Alfurqon Komplek Graha Bukit Raya 3 Cilame Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Masjid dan ‘Character building’, bertempat di Masjid dan Gedung Serba Guna Alfurqon pada hari Sabtu dan Minggu 10-11 Oktober 2020 yang lalu.

“Kami berharap dengan kegiatan ini adanya kesadaran dari kaum muslimin, terutama para pegurus DKM dapat menjadi pelopor dalam memakmurkan masjid. Karena bagi kaum muslimin, masjid merupakan titik awal dan akhir semua kegiatan manusia.” Ujar H. Asep Durahman, Ketua RT.02 yang mewakili tokoh masyarakat dalam sambutannya.

“Sebagai perwakilan dari pengurus warga setempat, saya berpesan agar ‘output’ dan ‘outcome’ kegiatan ini adalah syi’ar islam semakin meningkat dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, ibadah dalam islam itu dapat bernuansa vertikal kepada Allah dan horisontal kepada sesama makhluk Allah. Bukan sekedar teori dan konsep, tetapi juga pengamalannya.” Tambahnya.

Pada kesempatan itu, narasumber kegiatan adalah Ustadz Ayi Rohidin, Ustadz Amin, Kang Diki dan Bapak Agus Hendrayana. “DKM sangat menyambut baik kegiatan pelatihan ini, apalagi diikuti pula kelompok remaja masjid yang dikukuhkan sebagai Ikatan Remaja Masjid Alfurqon (IRMA).” Kata Ustadz Ayi Rohidin dalam sambutannya.

“Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta, yang terdiri atas pengurus DKM Alfurqon dan pengurus IRMA. Mudah-mudahan dari kegiatan ini lahir generasi muda yang islami, kompetitif dan mandiri. Sehingga ummat islam khususnya di seputar Masjid Alfurqon mampu mengejawantahkan ajaran islam yang mulia ini. Rasulullah saw saja menyusun peradaban yang islami itu dari masjid ke masjid.” Tambahnya.

Dalam acara tersebut hadir pula sesepuh warga, Abah Rudy yang masih aktif sebagai salah seorang pejabat di Pemda KBB. “Saya sangat apresiatif dengan acara ini. Mudah-mudahan menjadi awal kebangkitan umat islam di seputar Masjid Alfurqon ini.” Ujarnya.

“Saya hanya titip kepada seluruh peserta, agar segala materi yang disampaikan dalam pelatihan ini dapat menjadi bekal pembangunan fisik material dan mental spiritual di lingkungan ini, bahkan dapat menularkan kebaikan di tempat lainnya.” Pungkasnya.**(daswan*).

Tinggalkan Balasan