PERAN BABINSA DALAM PENYELENGGARAAN PHBN DI DESA BOJONGSALAM , CERMIN KEMANUNGGALAN.

Bandung Barat-SRI-media.com.—- Berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) , bulan Agustus ini , serentak di gelar di semua desa , tak terlepas juga seperti yang terlihat di Desa Bojongsalam Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat.

Di Desa Bojongsalam , salah satu kegiatan PHBN 2023 ini , dengan menghelat Turnamen Sepakbola betajuk “Kades Cup” , sebuah ajang kompetisi sepakbola antar kampung , yang diikuti oleh 12 team sepakbola , dimulai sejak tanggal 26 Juli 2023 lalu , dengan Grand Final-nya direncanakan pada tanggal 17 Agustus , bertepatan HUT RI ke 78.

Disetiap penyelenggaraan event seperti ini , dibutuhkan perencanaan , kesiapan SDM , kerjasama dari semua pihak yang terlibat , dimulai dari Pemdes , Panitia , Peserta , tempat/lokasi dan dana-nya.

Satu hal yang perlu mendapat perhatian sehaligus apresiasi adalah peran dan keterlibatan para “Bintara Pembina Desa” (Babinsa) di semua desa di Kecamatan Rongga.

Babinsa Desa Bojongsalam , Dedi Supriadi , sejak dimulainya event Kompetisi Sepakbola dalam rangka kegiatan PHBN di Desa Bojongsalam , terlihat sangat pro aktif dan progressif , bersama-sama panitia dan Pemdes , selalu ada di garis terdepan , dan sangat memberi warna tersendiri.

Kepada SRI-media.com. Dedi Sipriadi mengatakan bahwa ini sudah menjadi tugas dan tanggungjawabnya sebagai prajurit TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang bertugas sebagai perwakilan militer di wilayah desa, ungkapnya.

“Tugas utama Babinsa adalah membantu memelihara┬ákeamanan┬ádan ketertiban di lingkungan masyarakat, serta membantu mengembangkan potensi dan sumberdaya yang ada di desa melalui program-program pembinaan yang diselenggarakan oleh pemerintah Desa , dan di kegiatan seperti inilah salah satunya” jelas Babinsa Dedi.

“Selain itu, Babinsa juga bertugas untuk menjalin hubungan yang baik antara TNI dan masyarakat di daerahnya , untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat , serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat” tambah Dedi.

Sementara Kades Bojongsalam , Ajang Yusup Bahtiar , ketika di hubungi via telepon selulernya memberikan penjelasan , bahwa kegiatan kompetisi sepakbola di Desa Bojongsalam ini , yang diberi label “Kades Cup” , merupakan agenda tahunan secara rutin di Desa Bojongsalam , diselenggarakan setiap menjelang Peringatan Hari Kemerdekaan RI” ungkapnya.

Melihat animo dan antusiasme masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan seperti di Desa Bojongsalam ini , juga di desa-desa lainnya , melahirkan berbagai keseruan dan kemeriahan , mendorong motivasi dan keterlibatan masyarakat , baik terlibat secara emosional ataupun terlibat secara fisik sebagai peserta.

Sudah sewajarnya event-event seperti ini , setiap menjelang HUT kemedekaan negara kita , dijadikan sebagai pesta rakyat , dan sudah sewajarnya pihak pemerintah dapat memberi ruang yang cukup luas , dalam mengatur regulasi dan anggarannya , khusus untuk kegiatan-kegiatan seperti ini.*** (GUS).

Tinggalkan Balasan