SRI Media

Bintek Olahan Hasil Perikanan Dorong Masyarakat Gemar Makan Ikan.

CIMAHI, SRI-Media.com – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Pengolahan Hasil Perikanan di Hall Gedung B Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, Kamis kemarin. Selain bagian dari rangkaian HUT Kota Cimahi tahun 2021, kegiatan tersebut turut dilakukan untuk mendorong masyarakat agar gemar makan ikan.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispangtan Kota Cimahi Mita Mustikasari mengatakan, dari tahun ke tahun pihaknya terus berusaha mengubah mindset masyarakat Kota Cimahi agar gemar makan ikan. Bahkan di Kota Cimahi terdapat Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) untuk mendukung hal tersebut.

“Kita berupaya terus baik itu sosialisasi bintek, dan upaya-upaya lain untuk menggerakkan, dan memasyarakatkan memakan ikan,” ujarnya.

Kegiatan Bintek diikuti oleh 30 orang perwakilan PKK Kelurahan dan Kecamatan Se-Kota Cimahi. Para peserta bintek juga mendapat pengetahuan cara mengolah ikan yang baik, sekaligus praktek cara memasaknya, yang disampaikan dan diperagakan oleh Chef Lucky Andreono.

“Kegiatan ini bagian dari persiapan lomba olahan ikan yang akan diselenggatan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Cimahi. Jadi kita mengundang kurang lebih 30 orang perwakilan TP PKK Kota Cimahi, Kecamatan dan Kelurahan untuk kita berikan bimbingan teknis bagaiaman cara mengolah ikan yang baik dan benar,” ungkap Mita.

Dijelaskan Mita, kegiatan bintek digelar dalam rangka peningkatan dan pemerataan konsumsi ikan menuju terwujudnya kedaulan, kemandirian, dan ketahanan pangan. Serta menumbuhkan budaya mengolah masakan berbahan baku ikan.

“Kegiatan ini juga untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan yang bermutu dan aman..pemerintah di semua tingkatan mengembangkan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) dan peningkatan citra  produk perikanan, serta mengembangkan sistem mutu dan jaminan keamanan produk perikanan,” terangnya.

Sementara tujuan kegiatan bintek pengolahan hasil perikanan, lanjut Mita, untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam mengolah masakan  berbahan baku ikan. Menghasikan menu masakan hasil perikanan

“Tujuan lainnya adalah mempromosikan  keanekaragaan  menu masakan hasil perikanan kepada masyrakat luas, menyebarluaskan imformasi tentang ikan, jenis olahan maskannya, serta kandungan gizi dan manfaatnya kepada masyarakat luas. Serta mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan, melalui Gemarikan,” terangnya.

Pihaknya  berharap dari bintek ini akan merubah mindset para ibu-ibu, tidak hanya untuk mengolah ikan yang baik, tetapi juga bagaimana memilih ikan yang baik. Bagaimana bahan makanan berbahan baku ikan ini  diutamakan untuk para balita yang stunting di Kota Cimahi. “Mudah-mudahan dari output ini bisa membantu Cimahi bebas dari stunting,” ucapnya.**(ade/denny*)

 

 

Tinggalkan Balasan