SRI Media

Kampung Kayumanis Gembira dapat program Pamsimas.

Cianjur SRI-Media.com,– Program PAMSIMAS merupakan salah satu program dan aksi nyata pemerintah (pusat dan daerah) untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka penyakit yang ditularkan melalui air dan lingkungan.

Di kampung kayu manis, Rt 03, Rw 06, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Ketua kelompok keswadayaan (KKM) pamsimas, Sudirman (52 ) sedang giat melaksanakan membagun  pengadaan air bersih minum dan sanitasi berbasis masyarakat  (Pamsimas).

“Sumber dana untuk kegiatan ini dari APBN, Rp 234,001.000, dan APBDes, Rp 52,000.000. Saya selalu ada ditempat untuk mengawal pekerjaan tersebut, termasuk mengontrol sekaligus membantu dan berbaur dengan yang kerja, dan pekerjaan ini harus selesai 120 hari sesuai yang telah ditentukan.

Kalau dilihat realitasnya lokasi antara  tempat sumber air ketempat Bak penampungan sangat berjauhan. Bak tersebut berukuran 4×4, sebanyak 3 buah, Alhamdulillah, didalam pelaksanaan pekerjaan lancar sesuai harapan kita bersama,” ujar Sudirman.

Terpisah, Kepala Desa Sukatani, H. Udin Sunusi Yandi S,pd, menuturkan (8/4/2021) kepada Media bahwa pembangunan Pamsimas sangat luar biasa karena sangat ditunggu oleh warganya, Sebab merupakan kebutuhah primer. Untuk saat ini kapasitas airnya sementara untuk 2 RW berdasarkan hasil pengajuanya.

Kades berpesan apabila air sudah  mengalir kesetiap rumah warga agar  dijaga dan dirawat berhemat sesuai kebutuhan yang diperlukannya,

“Dulu, waktu sedang musim kemarau panjang (2019) fakta benar, memang dikampung kayu manis ini sama sekali susah air bersih untuk minum dan lainya. Dengan adanya program ini, kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat dengan adanya program Pamsimas ini, sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Salah seorang warga setempat, Asep (39) menyampaikan dirinya bersyukur kepada yang mengajukan program Pamsimas juga Pemdes yang telah memperjuangkan kepentingan warga masyarakatnya dengan sungguh-sungguh.

“Terimakasih, kepada pemerintah khususnya pemdes Sukatani yang telah membuktikan setianya, sehingga bisa dirasakan oleh warga masyarakatnya sangat senang dan bahagia,” pungkas.**(Ateng/Agus*).

 

Tinggalkan Balasan