SRI Media

Koperasi Bandung Barat Menuju Modernisasi Koperasi dan UMKM Naik Kelas Instruksi Bupati ASN Bandung Barat harus belanja min 500 ribu ke Koperasi

Kabupaten Bandung Barat-SRI-media com, Bertempat di halaman gedung IKEA Kota Baru Parahyangan Bandung Barat, Kamis (28/10) Dinas Koperasi dan UKM Bandung Barat menyelenggarakan peringatan Hari Koperasi yang ke 74 dengan tema “Modernisasi Koperasi UMKM Naik Kelas”. Peringatan kali ini dilaksanakan bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021. Kegiatan ini dihadiri PLT Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, Sonya Fatmala Kurniawan, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Drs. Kusmana_Hartadji, MM, Dekopinwil Jabar Mustofa, Dekopinda Bandung Barat, anggota DPRD, Kapolres Cimahi, Dandim, Bank Jabar,  para pelaku koperasi serta tamu undangan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bandung Barat Drs. Ade Sudiana, selaku ketua panitia penyelenggara kegiatan peringatan hari koperasi ke 74 mengatakan kegiatan ini pertama, sebagai dasar pelaksanaan, merupakan pembangunan jangka menengah Bandung Barat tahun 2028-2023. Kedua sebagai renstra Dinas KUKM Bandung Barat 2018-2023, ketiga dokumen pelaksanaan anggaran (DPL) Dinas KUKM, keempat sumber anggaran dari sumber anggaran pendapatan dan belanja daerah APBD 2021.

Selanjutnya dikatakan Ade kegiatan dalam peringatan koperasi ini diisi dengan berbagi kegiatan, seperti  pemutaran film fiksi perkembangan koperasi dan UMKM menuju era milinial, lounching wibesite koperasi dan marketplace dinas KUMKM, talkshow koperasi dan UMKM bagi milenial, penyerahan bantuan kontainer dekranasda, penyerahan bantuan penghargaan koperasi, penyerahan akta bagi koperasi baru, gebyar program percepatan vaksin serta lomba kreatifitas.

Dituturkan Ade waktu pelasanaan kegiatan ini pada Kamis 28 Oktober 2021 bertempat di IKEA Kota Baru Parahyangan. Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah terwujudnya era baru gerakan koperasi di Indonesia yang kuat khususnya di Bandung Barat sebagai dasar pengembangan ekonomi mandiri yang berkeadilan sosial dan berkelanjutan. Sebagai pelaksana kegiatan ini adalah Dinas KUKM Bandung Barat bekerjasama dengan dewan koperasi daerah Kabupaten Bandung Barat.  Dan pada kesempatan ini tak lupa kami mengucapkan terimakasih atas bantuan dari semua pihak termasuk para sponsor dan Bank BJP, ucap Ade.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Drs. Kusmana_Hartadji, MM, dalam sambutannya mengatakan dirinya bangga dengan PLT Bupati Bandung Barat yang telah berkolaborasi antara akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah termasuk dengan media. Dikatakannya peran media menjadi nomor satu dan sangat penting sekarang ini seerta peran penting dari perusahaan besar seperti IKEA yang telah memberi ruang yang cukup untuk koperasi hidup.

Dikatakan Kusmana dirinya sepakat dengan tema peringatan hari Koperasi ke 74 yakni “Modernisasi Koperasi UMKM Naik Kelas”. Maksud dari modernisasi koperasi adalah adanya pilar-pilar yakni pilar kelembagaan, pilar usaha, pilar keuangan, dimana sekarang ini laporan keuangannya sudah digital dengan sistem akutansi, transfaransi dan akuntabel. Untuk saat ini dimana kalau kita perlu laporan realtime laporan keuangan hari itu juga bisa disajikan/dilaporkan.

Salah satu ciri koperasi modernisasi adalah daftar anggota berbasis elektronik, manajemen anggota digital, memiliki wibesite, manjemen yang professional yaitu knowledge ditingkatkan, skill juga ditingkatkan dan yang tidak kalah penting adalah attitude artinya jangan sombong kalau sudah maju jangan hanya mau dilayani saja tapi harus mau melayani jangan mentang-mentang jadi pejabat ingin dinomor satukan terus, tegas kadis KUKM Jabar.

PLT Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan menerangkan bahwa kita sudah tidak asing lagi dengan kata “koperasi” , sejak di sekolah dasar (SD) kita sudah mendapatkan ilmu tentang apa itu koperasi tetapi eksitensi koperasi dimasa sekarang ini menjadi tantangan kita semua dan pekerjaan rumah (PR) bersama. Alasan kenapa peringatan hari koperasi mundur bersamaan dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober, ini momentum kita untuk koperasi bangkit dimana kita mempunyai optimisme “Menuju Bandung Barat Ekonomi Kuat 2030”, jelas Hengky.

Hengky pada perayaan koperasi kali ini berkeinginan jika banyak kaum milinial ikut hadir, sebab menurutnya Bandung Barat bisa maju dan bisa sukses kalau anak mudanya mau berkontribusi positif untuk pembangunan Bandung Barat. Selain itu juga dirinya bernegoisasi dengan IKEA untuk meminta produk-produk Bandung Barat melalui Dekranasda bisa ekspos di IKEA tanpa jadwal bergantian dengan daerah lain, mudah-mudahan menjadi omzet yang lebih besar. Untuk itu saya berpesan kepada generasi muda agar memanfaatkan apa yang ada di Bandung Barat salah satunya IKEA merupakan perusahaan besar dari Swedia. “ayo berkarya serta membuat produk yang keren, produk yang beda dari produk lainnya. Silahkan berkarya nanti pemerintah akan memfasilitasinya”, ucap Hengky.

Selanjutnya PLT Bupati menuturkan bahwa tahun depan akan ada investasi sebesar 500 M, ada dua objek wisata yang akan segera dibuka dan ini merupakan potensi untuk teman-teman koperasi yang memiliki produk untuk bisa berjualan di tempat wisata tersebut, dimana dirinya sudah mengkomunikasikannya, mudah-mudahan banyak anak muda yang menjadi pengusaha di Kabupaten Bandung Barat, harapnya.

Dikatakan Hengky, untuk seluruh koperasi baik itu koperasi pertanian atau koperasi peternakan  bahwa pada bulan November nanti pihaknya akan mengeluarkan instruksi Bupati bahwa ASN di Bandung Barat  harus belanja 500 ribu atau 5% dari tukinnya, jadi apabila instruksi ini tidak dijalankan maka DPP nya akan dikurangi dari pada nanti dikurangi lebih baik dibelanjakan ke koperasi. Secara hitungan matematis 7000 orang ANS dikali 500 ribu minimal berbelanja, maka perputarannya setiap bulan sekitar 3,5 M (milyar), ini sangat luar biasa untuk memotivasi koperasi, memotivasi anak muda untuk bangkit membuat produk UMKM yang pasarnya sudah disiapkan pemerintah, ujarnya penuh semangat.

Menurut Hengky, kita tidak boleh lengah dan terbuai dengan hasil yang kita peroleh ditahun sebelumnya masyarakat akan terus menuntut agar kita lebih baik dari waktu ke waktu berbagai kebijakan telah dilakukan untuk meningkatkan dan memperbaiki pelayanan koperasi agar dapat dinikmati seluruh masyarakat di berbagai pelosok di Bandung Barat, diantaranya pertama, memfasilitasi NIK (nomor induk koperasi) sebagai bagian program rehabilitasi koperasi yang sejauh ini telah meningkatkan kepercayaan dan penguatan kelembagaan koperasi, kedua penerbitan UMK untuk memastikan kelembagaan dan berusaha bagi usaha mikro dan kecil, ketiga pelayanan pengesahan badan hukum koperasi secara online dan memberikan dukungan pembiyaan pengaktean pendirian koperasi serta percepatan dan mempermudah masa layanan pengurusan.

Melalui peringatan hari koperasi ke 74 kali ini dirinya berharap dapat terpenuhi sinergitas yang kuat lagi antara pemerintah daerah dengan gerakan koperasi dan seluruh steakholder terkait sebagai upaya mempersiapkan landasan yang kokoh untuk pencapaian rencana strategis tahun 2018-2023 khususnya dalam bidang pembangunan koperasi dan UMKM, atas dasar hal tersebut maka peringatan hari koperasi ke 74 tingkat kabupaten Bandung Barat 2021 mengambil tema “melalui hari koperasi ke 74 kita tingkatkan kelembagaan koperasi yang maju, sehat dan kuat UMKM yang tangguh dan mandiri untuk mewujudkan Bandung Barat AKUR (aspiratif kreatif unggul dan religi) selain itu KBB memberikan apresiasi dan penghargaan kepada koperasi berdasarkan penilaian kesehatan dinilai berhasil dalam menjalankan roda usaha di bidang koperasi. Penghargaan tersebut diberikan untuk kategori koperasi yang berprestasi di KBB secara nyata terukur dan objektif dengan mewujudkan komitmennya mencapai hasil kerja yang optimal, jelas Hengky diakhir sambutannya.     (abuds/du2nk)

Tinggalkan Balasan