SRI Media

Milangkala Desa Pasanggrahan Ke 98, Di Isi Festival Budaya Sunda

Purwakarta- SRI-media com,Manifestasi melestarikan kesenian-kesenian tradisional yang nyaris punah dan tasyakur Milangkala Desa Pasanggrahan ke 98, dilaksanakan acara festival seni sunda dan Budaya seni Sunda di Desa pasanggrahan kecamatan Bojong Purwakarta.

Turut hadir dalam acara, dari Disparbud provinsi dan kabupaten, Muspika kecamatan, para kepala desa kecamatan Bojong serta tokoh masyarakat dan elemen lainnya.

Sementara bhabinkamtibmas, Babinsa, badega atau linmas terlihat memantau kondusifitas acara.

Ketua Pelaksana Acara Ketua, Iin Iskandar mengungkapkan hari jadi ke 93 kali ini di meriahkan dengan rangkaian kegiatan seni, seperti Dongdang, Sisingaan, Calung, Nutu Lisung dan seni Sunda lainya

“Selain itu juga ada Jaipongan, pencak silat dan Stand makanan jadul,” ucap Iin.

Sementara dalam pidatonya, kepala desa pasanggrahan, Muh Adam pebriansyah menuturkan acara festival budaya desa pasanggrahan dalam rangka milangkala desa pasanggrahan yang ke 98.

“Meskipun Kita saat ini sedang dalam kondisi prihatin. Di mana pandemi corona masih menguasai kehidupan bumi. Rasanya lebih tepat dalam Milangkala ini kita mengadakan seni budaya Sunda,” ungkap kepala desa.

Di tempat sama Camat Bojong, Drs Wawan Darmawan M.si. senada mengatakan bahwa hari jadi yang di isi dengan acara festival budaya desa pasanggrahan sangat bernilai positif dan menjadi spirit untuk desa pasanggrahan.

“Apa lagi desa pasanggrahan ini salah satu desa pariwisata,” terangnya.

Festival Tradisi yang telah berusia ratusan tahun ini, kata dia dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Secara pribadi, saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu terselenggaranya acara ini,” tandas dia.

Nilai dari acara ini, imbuh Camat adalah merangkai yang terberai, menyusun kembali kekayaan hidup, kebudayaan.

“Semoga acara ini menjadi spirit hidup buat pemerintahan dan masyarakat Bojong serta mampu bangkit di tengah bencana pandemi Covid-19 yang belum selesai,” harapnya. (Asker)

Tinggalkan Balasan