SRI Media

Pemkab OKI dan Disbudpar Sumsel Teken MoU Pengembangan Pariwisat-Oga

SRI MEDIA COM.ID, OKI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir mendukung Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, untuk mempromosikan pembangunan sektor pariwisata di Sumsel melalui aplikasi GIWANG.

Bentuk dukungan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab OKI dengan Kepala Disbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati OKI, Rabu (22/9) kemarin.

Wakil Bupati OKI, HM Dja’far Shodiq menyatakan, penandatanganan kerja sama itu merupakan bentuk kesepakatan formal antara Pemkab OKI dengan Pemprov Sumsel sebagai wujud dukungan terhadap Aplikasi GIWANG Sumsel.

Aplikasi Genta Inovatif Wisata Alam yang Nyaman dan Gempita atau GIWANG Sumsel telah dilaunching Gubernur Sumsel H. Herman Deru pada 19 Juni 2021 lalu, untuk menggaungkan informasi pesona budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Sumsel. Sehingga terwujudnya Sumsel Maju Untuk Semua.

Wakil Bupati OKI, HM Dja’far Shodiq berujar bahwa penandatanganan kesepakatan kerja sama itu merupakan puncak dari diskusi-diskusi yang sudah terbangun untuk percepatan pembangunan sektor pariwisata di OKI yang memiliki banyak potensi sektor wisata.

“Penandatanganan kesepahaman ini untuk percepatan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten OKI. Tentu ini sangat bagus sekali untuk memperkenalkan wisata yang ada disini,” kata Shodiq.

Ia menjelaskan karena banyak tempat wisata yang belum terekspos. Ditambah lagi dengan jaraknya yang jauh, membuat banyak wisatawan yang belum mengenal wisata menarik milik OKI.

“Termasuk kulinernya yang tidak kalah dengan kabupaten kota lain di Sumsel. Jadi nanti ada operator dari Dinas Pariwisata OKI yang akan meng-update informasi wisata OKI,” jelas dia.

Dengan cara ini, Shodiq yakin bisa meningkatkan kunjungan wisata di OKI, apalagi saat ini industri pariwisata mulai bergairah dengan wabah Covid-19 yang melandai.

“Sebelum datang ke OKI wisatawan dapat melihat tempat wisata yang bakal mereka kunjungi dengan mudah lewat aplikasi ini,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal mengatakan, aplikasi Giwang Sumsel dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Sumsel, meningkat 2 hingga 3 persen dari tahun lalu.

“Aplikasi tersebut nantinya memuat informasi lokasi wisata, panduan menuju lokasi, jumlah hotel beserta tarif dan fasilitasnya, kuliner serta berbagai informasi lainnya. Termasuk juga berbagai gelaran even yang digelar di 17 kabupaten/kota. Semuanya terangkum dalam aplikasi tersebut,” pungkasnya. (M tahan/Fuady)

Tinggalkan Balasan