SDN 1 GUNUNGHALU , SAMEN YANG MENGUNDANG ANTUSIASME MASYARAKAT

Bandung Barat-sri-media.com Karena keberadaannya yang terletak di tengah kota Kecamatan Gununghalu , penyelegaraan Samen di SDN 1 Gununghalu , menjadi pusat perhatian dan mengundang attensi masyarakat , yang secara antusias ikut menyaksikan perayaan samen sekolah itu , sehingga menambah suasana semakin meriah , Sabtu,24 Juni 2023.

Acara kenaikan kelas dan perpisahan sekolah , yang dari dulu dalam masyarakat dikenal istilah samen. Samen adalah momen yang menggambarkan ketika seluruh siswa merayakan kenaikan kelas dan merayakan kelulusan setelah mereka belajar selama 6 tahun di SD , sama halnya yang tergambar di SDN I Gununghalu.

SRI-medianews.com. dapat menemui di sela-sela acara Samen , Kepala Sekolah SDN 1 Gununghalu , Asep Setiawan,S.Pd.M.M. mengatakan bahwa jumlah siswa kelas VI yang akan meninggalkan sekolah ini , sebanyak 48 siswa , Insyaalloh mereka akan melanjutkan pendidikan ke tingkat SLTP , semuanya” katanya.

Asep Setiawan,S.Pd.M.M. menjelaskan menganai makna Samen di sekolahnya :
“Tradisi yang terdapat di Indonesia sangat bermacam-macam, salah satunya¬†samen. Samen umumnya akan terdengar asing di telinga anak-anak zaman sekarang, tetapi akan terdengar berkesan untuk anak-anak sebelum abad ke 21 yang berasal dari tatar Sunda” ungkapnya yang memang pasti merasakan makna dan arti Samen pada jaman sekolah dulu.

Menurut Kepala Sekolah SDN I Gununhalu ini , Samen ini bertujuan untuk melepas seluruh siswa-siswi kelas VI untuk kembali kepada orang tua dan melanjutkan pendidikan kejenjang selanjutnya :

“Saya ucapkan selamat kepada siswa kelas VI yang berhasil lulus pada tahun ajaran 2022-2023 ini , hari ini kalian kami lepaskan , semoga ilmu selama menempuh pendidikan di SDN 1 Gununghalu ini menjadi bekal buat kalian semua , do’a kami semua , semoga kalian menjadi pemimpin besar di masa yang datang” katanya.

Lebih lanjut Asep Setiawan , menambahkan : “Acara pada hari ini sangat luar biasa ,
Sebuah pencapaian yang luar biasa, saya berterima kasih kepada seluruh bapak ibu guru yang telah membimbing anak-anak hingga dapat berada di tahap ini.
Ucapan terima kasih ini bukan hanya sekedar kata-kata, tetapi juga merupakan ungkapan penghargaan yang tulus atas upaya dan dedikasi yang mereka berikan”

Di akhir perbincangannya ,Asep Setiawan mengungkapkan :
“Saya juga berterimakasih kepada semua pihak , dari mulai para guru pendidik di sekolah ini , kepada para orang tua siswa , kepada para tokoh-tokoh masyarakat di disini yang telah memberikan bantuan dan dukungannya sehingga acara Samen ini , yang sudah jadi tradisi dan budaya kita , dapat terlaksana dengan baik” pungkasnya. ****GUS.

Tinggalkan Balasan