SRI Media

Sosialisasi Siap Siaga Bencana di Kelurahan Melong.

CIMAHI |SRI-Media.com – Untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan menerapkan evakuasi mandiri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi melakukan sosialisasi siap siaga dalam menghadapi bencana di Aula Kantor Kelurahan Melong, Jumat (4/6/2021).

Analis Mitigasi Bencana BPBD Kota Cimahi, Rohmat mengatakan, sosialisasi digelar bagi warga Kelurahan Melong, Cimahi Selatan dan respon masyarakat sangat merespon

“Sangat bagus responnya dari masyarakat yang keingintahuannya berkaitan dengan potensi sesar Lembang. Karena salah satunya itu yang mengancam khususnya wilayah Kota Cimahi,” kata Rohmat, Jumat (4/6).

Menurut Rohmat, kesiapsiagaan bergantung pada masing-masing persepsi orang, khususnya dalam dirinya dan keluarganya. Kegiatan sosialiasi siap siaga bencana mengajarkan masyarakat untuk mengetahui cara menyelamatkan diri dan keluarga dari ancaman bencana alam.

“Khususnya di Kelurahan Melong karena termasuk sumbu yang sangat tinggi,” ucap Rohmat.

Rohmat mengatakan, beberapa kelurahan akan membentuk volume rescue untuk menangani dampak bencana. Untuk ini, diperlukan sinergi dan kerjasama dari Kelurahan, Kecamatan, dan BPBD untuk mempersiapkan tim penyelamat tersebut.

“Secara eksistensinya sudah terbentuk FPRB (Forum Pengurangan Risiko Bencana) Kelurahan Melong, tinggal aktifkan data konsepnya,” terang Rohmat.

“Mudah-mudahan dapat tersampaikan dan menyebar menyeluruh kepada masyarakat sehingga dapat dipahami dan dijalankan di masing-masing tempat. Bagaimana caranya mereka menyelamatkan diri dari ancaman bencana,” pungkas Rohmat.

Di samping itu, Sekretaris Lurah Melong, Dian Rohimat menambahkan, untuk meminimalisasi bencana yang mungkin terjadi, Kelurahan Melong sudah mempersiapkan tata cara evakuasi serta alat-alat yang diperlukan.

“Dengan adanya ini dapat disebarluaskan kepada semua perusahaan yang ada di Kelurahan Melong baik keluarganya, perusahaan, kantor yang lainnya. Saya mencoba untuk meminimalisir dan mempersiapkan,” ujar Dian.

“Apabila ada bencana yang tidak diketahui terjadi sama kita, ini adalah upaya kita untuk mengedukasi warga Kelurahan Melong,” tutur Dian.** (ade/denny*).

Tinggalkan Balasan