SRI Media

Warga Gandasoli Cianjur Kutuk Pembuang Sampah Sembarangan.

Cianjur |SRI-Media.com,– Kenyamanan pejalan kaki ataupun berkendara dari arah Jangari maupun Tungturunan akan terganggu tatkala melintas di Kampung Gandasoli Desa Cikidangbayabang, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.

Pasalnya, ditepi ruas jalan tersebut terdapat tumpukan sampah dari berbagai jenis bahan plastik seperti popok bayi, pembalut wanita maupun limbah rumah tangga lainnya yang berserakan dan terlihat kurang terurus.

Usut punya usut ternyata warga tidak merasa membuang sampah ketempat tersebut. melainkan orang luar yang melakukannya. Dan, bahkan warga setempat mengutuk perbuatannya.

“Ini biasanya warga lain yang melewati jalur ini, buang sampah sambil lewat. Memang, dulu disini ada bak sampah. Namun, di bongkar. Sehingga, menjadi kebiasaan,” gumam salah seorang warga Gandasoli, Kamis (22/07/2021).

Juga warga lain menimpali bahwa sampah tersebut dibuangnya ketika tidak ada aktivitas, yakni pada tengah malam atau subuh. “Sehingga, mereka bisa leluasa, seenaknya buang sampah,” ujarnya.

Hal sama dikemukakan warga yang sering melintas jalan itu, limbah sampah tersebut efeknya mengeluarkan aroma bau tidak sedap dan sangat mengganggu. Apalagi, ujar dia di musim penghujan, banyak sampah yang membusuk.

“Saya lihat tidak adanya papan pengumuman, sehingga banyak yang buang sampah kesini,” Katanya. Begitupun warga tetangga sebelah Kampung Cikidang Bayabang yang menyayangkan kurangnya kesadaran pembuang sampah tentang kebersihan lingkungan.

“Sebetulnya ada di Desa Cikidang Bayabang ini fasilitas untuk daur ulang sampah. Tapi, belum berjalan, entah karena apa,” pungkasnya.** (Ben/Aa*).

 

Tinggalkan Balasan