SRI Media

Desa Cibiuk Kaler Salurkan BLT DD “Door To Door”.

iklan

Garut SRI-Media.com,– Menjelang tahun baru ditengah eksistensi pandemi Covid-19 kembali pemerintah pusat mengucurkan alokasi bantuan kepada rakyat melalui anggaran dana desa. Terkait dengan hal tersebut, Desa Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, melaksanakan penyaluran bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT DD) sebesar, Rp. 900.000 per Kepala Keluarga untuk alokasi bulan Oktober, November dan Desember. Selasa (22/12/2020).

Dalam prosesnya kegiatan berlangsung kondusif serta melibatkan dan dihadiri babinkhamtibmas, BPD, LPM dan relawan Siaga Covid-19.

Kepala Desa Cibiuk Kaler, Enggis Erawan. Ketika dikonfirmasi media suara rakyat Indonesia menjelaskan bahwasanya BLT tersebut merupakan bantuan Pemerintah Pusat yang disalurkan melalui dana desa untuk masyarakat terdampak covid-19.

” Desa Cibiuk kaler sendiri mendapatkan alokasi BLT DD sebanyak, 60 Kepala Keluarga. Artinya, jika dikalikan, Rp. 900.000. BLT DD yang disalurkan sebesar Rp 54.000.000 juta. Sebagaimana instruksi pemerintah pusat, bahwa BLT DD ini diberikan sebanyak 3 bulan bagi warga terdampak covid-19. Tiga bulan itu Oktober, November, Desember,” ujar, Enggis.

Untuk distribusi sendiri, lanjut Enggis.

dilaksanakan secara Door to Door dengan sistem oleh petugas dibagikan ke setiap rumah penerima manfaat, Sementara untuk Simbolis di laksanakan di desa.

Berdasarkan hasil musdes khusus secara konvensional diputuskan bahwa penerima manfaat BLT DD merupakan ajuan dari RT/RW setempat karena dinilai paling mengetahui mana warganya yang sangat membutuhkan sesuai kriteria regulasi pemerintah.

“Pada hari ini selesai sudah bantuan tersalurkan. Alhamdulillah, sangat suka cita, haru dan bahagia masyarakat ketika dapat bantuan ini, karena dampaknya sangat bisa dirasakan. Bahkan, tadi ketika kita salurkan bantuan, mereka terlihat gembira sekali menerimanya. Akibat pandemi ini, banyak warga yang mata pencahariannya terganggu di sawah, ada karyawan swasta yang dirumahkan sehingga dengan bantuan ini mereka merasa terbantu,” pungkasnya.**(Heri A*).

 

 

Tinggalkan Balasan