SRI Media

Pemkab OKI Siapkan Tempat Isolasi Dengan Fasilitas Hotel Bintang 3.

OKI |SRI-Media.com,–  Tingkatkan pelayanan covid-19, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel menyediakan tempat isolasi khusus Covid-19.

Dengan menyulap hotel kembar di ex lokasi Jamnas 2009 dan PON XVI, pemerintah setempat menjadikan wisma isolasi berfasilitas lengkap setara hotel bintang tiga.

Fasilitas ODP center Teluk Gelam ini mulai dioperasikan sejak Maret tahun 2020 lalu dan diresmikan langsung oleh Bupati OKI, H. Iskandar, SE. Penggunaannya, Wisma karantina ini melayani pasien dengan tanpa gejala atau OTG dan pasien dengan gejala ringan hingga sedang.

“Kita salah satu daerah pertama yang menyiapkan fasilitas isolasi mandiri bagi pasien OTG dan gejala ringan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, Iwan Setiawan, S. KM, M. Kes., Kamis (15/7/2021).

Iwan, mengatakan inisiatif Bupati OKI, Iskandar, itu untuk memberikan kenyamanan pada pasien. Sebab jika orang sakit ditempatkan di tempat nyaman akan membantu proses penyembuhan.

“Sejak dioperasikan, isolasi terpusat Teluk Gelam telah melayani 53. Hasilnya 44 orang bisa pulang ke keluarganya,” terang Iwan.

Terpisah, Dokter jaga di isolasi terpusat Teluk Gelam, Dr, Rika Dayanti mengatakan ada beberapa hal yang perlu disiapkan ketika pasien Covid-19 melakukan isolasi seperti ruangan isolasi yang nyaman, cukup terpapar matahari, ventilasi cukup, dan akses kamar mandi yang baik.

“Selain itu, salah satu kunci sukses pasien covid-19 dalam menjalani isolasi ialah ketersediaan makanan, obat-obatan yang cukup, support dari lingkungan,” ucapnya.

Sementara, Rizki salah satu pasien isolasi di ODP Center Teluk Gelam mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak ragu melakukan isolasi terpusat di Teluk Gelam jika terpapar Covid-19.

“Kami di sini dilayani dengan baik, makanan dan obat-obatan terjamin. Jadi masyarakat yang ada gejala Covid-19 agar jangan ragu melakukan isolasi terpusat di sini,” terang dia.**(M Tahan/NS*).

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan