SRI Media

Raih Penghargaan Nasional, Karang Taruna KBB Dijadikan Percontohan Studi Banding Karang Taruna Kabupaten Tegal

Ngamprah, SRI Media.Com. – Karang Taruna Kabupaten Tegal, Jawa Tengah laksanakan Studi Karya Bakti dengan Dinas Sosial (Dinsos) dan Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Tampak serta dalam rombongan Wakil Bupati (Wabup) Sabilillah Ardie, Kepala Dinsos Nurhayati, Ketua Komisi IV DPRD Noviyatul Faroh, serta Ketua Karang Taruna Kabupaten Tegal Edi Sulistiyanto beserta jajaran pengurus.

Rombongan dari Tegal ini mengunjungi Kantor Dinsos Pemda KBB dan juga Sekretariat Karang Taruna KBB di kawasan Ngamprah.

“Kita disini ingin melaksanakan studi banding dengan Dinas Sosial dan Karang Taruna Bandung Barat karena belum lama ini mereka (Karang Taruna KBB) mendapatkan penghargaan Nasional”, ujar Wabup Sabilillah Ardie, yang ditemui, Selasa (09/11/2021).

Pria yang akrab disapa Ardie ini menyebut pihaknya ingin mempelajari bagaimana Karang Taruna KBB bisa mendapatkan penghargaan dan akan dicoba diterapkan di Karang Taruna Kabupaten Tegal.

Pernyataan ini diperkuat oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Noviyatul Faroh yang menyebut apa yang sudah dilakukan Karang Taruna KBB sangatlah luar biasa.

“Beberapa program dari Karang Taruna KBB ini kami anggap luar biasa karena sangat bermuatan lokal. Kita akan modifikasi sesuai dengan muatan lokal Kabupaten Tegal”, ungkap wanita yang akrab disapa Novi ini.

Salah satu program yang disebut Novi ingin dijadikan percontohan adalah mengenai pendidikan yang bekerjasama dengan PKBM kemudian dengan Universitas.

“Kemudian juga makanan produk-produk lokal yang bisa sampai di ekspor keluar, itu akan kita modifikasikan”, sebutnya.

Novi berharap kunjungan kali ini akan sangat bermanfaat bagi Karang Taruna Kabupaten Tegal yang akan selalu mendapatkan support Pemerintah.

“Kita (Pemerintah Kabupaten Tegal) selalu support, ini sudah terbukti dari Pak Wakil Bupati yang mau ikut datang, DPRD juga mensupport. Mudah-mudahan Karang Taruna Tegal juga akan lebih maju lebih berprestasi lagi”, tutur Novi.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan Edi Sulistiyanto selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Tegal yang merasa sangat berkesan dengan kunjungan studi banding ke KBB ini.

“Sangat luar biasa sekali mulai dari penyambutan saat kami datang. Ditambah kami lihat dukungan Pemerintah terhadap Karang Taruna di KBB ini juga sangatlah besar”, ujar Edi.

Edi mengatakan banyak hal dari Karang Taruna KBB yang bisa dijadikan contoh dan dipelajari untuk diterapkan di Tegal.

“Bisa menjadi yang terbaik di tingkat Nasional adalah sangat luarbiasa. Kami (Karang Taruna Kabupaten Tegal) memang harus belajar pada ahliny, karwna kami juga baru seumur jagung”, jelas Edi.

Ditambahkannya, dengan adanya pembelajaran dari kunjungan ini, Edi berharap ke depan Karang Taruna Kabupaten Tegal bisa menjadi lebih baik dan juga menjadi yang terbaik di tingkat Nasional seperti Karang Taruna KBB.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna KBB Ujang Rohman merasa bangga dengan adanya kunjungan dari rombongan Karang Taruna Kabupaten Tegal ini.

“Alhamdulillah, sebagai Ketua Karang Taruna KBB saya bangga, kami sudah dikunjungi teman-teman dari 4 Karang Taruna di daerah, yakni Surabaya, Bali, Sawah Lunto, dan terkini dari Kabupaten Tegal, untuk melakukan studi banding dengan kami”, ujar pria yang akrab disapa Ujro ini

Secara singkat Ujro menyebut dalam kunjungan kali ini, Karang Taruna Kabupaten Tegal ingin mengadopsi bagaimana bisa membuat program-program yang baik terutama memajukan Desa, dalam konteks membangun.

“Kami sudah memberikan beberapa tips dan pengalaman kami, semoga bisa diterapkan oleh teman-teman Karang Taruna Kabupaten Tegal. Insya Allah, kami juga ada rencana untuk nantinya melakukan kunjungan balik”, pungkasnya.** RED

Tinggalkan Balasan