Ratusan Warga Desa Sukamahi Gotong Royong Perbaiki Saluran Air.

Cianjur |SRI-Media.com,РPemerintah Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur kedusunan 1 tengah melaksanakan giat kerja bakti pengerukan saluran irigasi Batu Sahulu (Persido) sebagai pusat air yang kondisinya sudah tidak baik.  Terpantau dalam melaksanakannya warga masyarakat tetap semangat, antusias, walaupun terik panas matahari menyengat kulit.

foto doc SRI |Kepala Desa beserta Bhabinkantibmas Sukamahi turut kerja Bhakti.

 Dalam keterangannya, Kepala Desa Sukamahi, Endang Djamaludin (30/5/2031) kepada media menuturkan sebelum melakukan kegiatan pihaknya terlebih dahulu mengadakan musyawarah dengan para tokoh masyarakat termasuk ketua pemuda terkait gagasannya yang kemudian disepakati.

Pengerjaan saluran ini, imbuh kades dikarenakan pada waktu itu terkena longsoran tanah mengakibatkan saluran tersebut tertimbun, maka terjadilah pengaliran air kurang begitu lancar, sedangkan, kata dia air tersebut sangat diperlukan warga masyarakat dan kapasitas airnya mengairi sawah sekitar, 200 Hektare.

“Dikhawatirkan ada persoalan tentang hal ini. Kita mengerjakannya walaupun belum ada anggaran untuk pengerukan saluran irigasi yang dikelola oleh dinas Pengelolaan sumber daya air (PSDA) adalah upaya dalam merencanakan melaksanakan, memantau dan mengevaluasi kegiatan konservasi sumber daya air,” ujarnya.

Kades menilai pekerjaan yang berat menjadi ringan apabila kekompakkan dipertahankan. Adapun yang turut bergotong royong, ujar dia sebanyak 200 orang termasuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang di motori oleh Aang sebagai kedusunan desa.

“Untuk sistem kerjanya dibagi dua kelompok sehubungan yang dikerjakannya sepanjang 1000 M, jadi, didalam pelaksanaannya pekerjaan tidak ada hambatan mulus dan lancar,” tandas Kades.

Sementara terpisah salah satu warga setempat yang ikut kerja bakti Suparman, menuturkan Kades Endang, Integritasnya sangat berpengaruh luar biasa, faktanya riil, menurut dia biasanya yang namanya kerja bakti mudah dibicarakan akan tetapi agak sulit dilaksanakan. Tetapi, kades bukan hanya bicara.

“Kepala desa terbukti dengan nyata dan setia kepada warga masyarakat dengan kinerjanya sehingga warga merasa gembira diperhatikan. Semoga arah kedepannya lebih maju dan mandiri,” Tutupnya.**(Ateng*).

 

Tinggalkan Balasan