SRI Media

TINGKATKAN SDM, PONPES AL-ISTIQOMAH BANGUN BLK KOMUNITAS.

KBB SRI-Media.com,– Untuk mengejar target program pembangunan sumber daya manusia (SDM) pemerintah pusat melalui Kementerian Tanaga Kerja  meluncurkan program bantuan balai latihan kerja (BLK) Komunitas.

BLK Komunitas adalah suatu unit atau fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga keagamaan dipondok pesantren, seperti yang sekarang dilakukan oleh Ponpes Al-Istiqomah yang berlokasi di, Kp.Rawatampele, Rt.03/05, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Pembangunan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Ponpes Al Istiqomah saat ini sudah mencapai progress fisik 90% memasuki tahapan finishing yang akan digunakan untuk Workshop Kejuruan di bidang Desain Mode dan Tekstil.

Dalam keterangannya pengurus Ponpes Al-Istiqomah, Ahid Setia Permana dan Ustadz Mujib , menjelaskan bahwa diharapkan sebelum tanggal 17 Pebruari 2021 , seluruh proses pembangunan BLK ini sudah selesai.

“Perihal anggaran yang diterima adalah bersumber dari APBN melalui  Kementerian Tenaga Kerja, dengan rincian dana adalah 500 juta untuk bangunan fisik, gedung BLK dengan ukuran 17 M x 14 M, sementara untuk peralatan BLK senilai 346 juta , yang diterima berupa barang,” ungkapnya.

Lebih jauh , Ahid mengatakan bahwa BLK tersebut nantinya berfungsi untuk menyelenggarakan pelatihan kompetensi/keahlian guna memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan komunitas masyarakat di sekitar lembaga Ponpes, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong untuk berwirausaha.

“Dengan pembangunan BLK ini, Ponpes Al-Istiqomah secara kelembagaan sudah dapat di sejajarkan dengan lembaga-lembaga sejenis, yang nantinya diharapkan mampu melahirkan SDM yang bukan hanya memiliki karakter berakhlakul karimah, juga memiliki skill, kompetensi dan memiliki daya saing sebagai bekal untuk memasuki kehidupan bermasyarakat,” pungkas Ahid.**(Gus*).

Tinggalkan Balasan