SRI Media

Vaksinasi Covid-19, Pemkab Purwakarta Sasar Ribuan Santri

Purwakarta | Sri-media.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta gelar vaksinasi Covid-19 kepada ribuan santri di wilayah tersebut. Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika beserta unsur Forkopimda hadir menyaksikan vaksinasi yang dipusatkan di Ponpes Al-Hikamussalafiyah, Cipulus, Wanayasa, Senin 23 Agustus 2021.

“Hari ini kita menyaksikan ada seribu santri yang divaksinasi, Alhamdulilah berjalan lancar,” ujar Ambu Anne.

Adapun dalam vaksinasi tersebut digunakan vaksin sinovac yang dapat diberikan kepada penerima dengan kriteria usia 12 ke atas. Bupati menjelaskan vaksinasi dilangsungkan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang meliputi pendaftaran hingga skrining.

Vaksinasi untuk santri yang dipusatkan di pesantren Cipulus ini diperkirakan berjalan dengan cepat dengan dibukanya banyak meja skrining yang mana secara efektif mengurai antrean.

“Memang meja skriningnya juga banyak karna kita mendapat bantuan dari Polres Purwakarta, saya cek kurang lebih ada 14 meja skrining, kemudian juga ada 4 meja vaksinator, jadi sepertinya ini akan cepat,” ujarnya.

Atas nama Pemerintah Daerah, Ambu Anne menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam suksesnya vaksinasi untuk santri ini. Khususnya, ucapan terima kasih disampaikan kepada pihak yayasan dan pesantren.

Ambu Anne menargetkan seluruh santri di Purwakarta mendapatkan vaksinasi Covid-19. Untuk itu, Ia terus mengupayakan Purwakarta mendapatkan banyak pasokan vaksin dari pemerintah pusat. “Hari ini pelaksanaannya seribu vaksin, karna memang droping dari pusat juga untuk vaksin di Purwakarta terbatas,” ujarnya.

Sesuai dengan data KCPN bahwa cakupan vaksinasi Covid-19 di Purwakarta baru mencapai 19 persen. “Dengan pelaksanaan ini Insyaallah meningkatkan cakupan vaksinasi kita Purwakarta,” kata Ambu Anne.

Vaksinasi Booster Moderna untuk Nakes

Belum lama ini Pemkab Purwakarta juga telah menerima drop vaksin jenis Moderna sebanyak 138 vial. Rencananya, kiriman vaksin ini akan diproritaskan untuk membooster tenaga kesehatan (Nakes).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Deni Darmawan menuturkan, jumlah tenaga kesehatan di wilayahnya mencapai 4.900 orang. Adapun vaksin moderna perdana yang diterimanya ini hanya bisa untuk mencakup 300 Nakes saja. “Hari ini, di kantor Dinkes kita sudah mulai menyuntikkan vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan secara bertahap. Tahap awal, ini untuk 300 orang,” ujar Deni.

Ia menjelaskan, untuk 300 tenaga kesehatan yang mendapat vaksin tambahan tahap pertama ini, sementara yang bertugas di lingkungan Dinas Kesehatan dan puskesmas. Kedepan, pihaknya memastikan seluruh tenaga kesehatan yang ada bisa mendapat vaksin tambahan ini secara bertahap. Itupun, tergantung dari alokasi vaksin Moderna dari pusat.

Dengan adanya vaksinasi booster ini, diharapkan bisa melindungi para tenaga kesehatan dari paparan Covid-19. Mengingat, tenaga kesehatan ini merupakan garda terdepan dalam memerangi wabah mematikan tersebut.

Terkait program vaksinasi, kata Deni, saat ini total warga yang sudah divaksinasi baru mencapai 17,8 persen. Prosentase tersebut, masih jauh dari target. Maka dari itu, pemerintah daerah berupaya untuk terus mendorong masyarakat supaya mau divaksin Covid-19. ( Tedi/Du2nk)

Tinggalkan Balasan