SRI Media

Hari Santri Nasional(HSN) 2021 Kabupaten Bandung Barat Napak Tilas

Kab.Bandung Barat SRI-media com. – Mengusung tema ‘Santri Bertumbuh, Berkarya dan Berdaya’, peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 Kabupaten Bandung Barat (KBB) menunjukkan Santri siaga jiwa dan raga terlibat dalam pembangunan.

Hal ini diungkapkan Anton Tahqiq Fathoni, salah seorang Panita HSN 2021 KBB, saat ditemui di Sekretariat Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) KBB, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Jum’at (22/10/2021).

“HSN 2021 yang diadakan oleh PCNU KBB ini tentunya mempunyai tujuan, diantaranya adalah menegaskan kembali komitmen Ilama dan Santri dari Pondok Pesantren terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, ujar Anton.

Disebut Anton, dalam hal ini adalah bahwa para Ulama dan Santri ini akan terus berada di Garda depan untuk aktif dan bekerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya mengisi pembangunan

“Kemudian juga untuk memberikan inspirasi kepada para Santri dan anak muda Indonesia tentang bagaimana membangun Negara, membangun Bangsa dengan sepenuh hati”, lanjutnya.

Tujuan selanjutnya adalah memberikan pembelajaran tentang kebersamaan dan dalam membangun menghargai keragaman, kemudian membuang jauh pemikiran keberagamaan yang tidak toleran.

Kemudian menguatkan kerjasama dengan semua elemen Bangsa dan Negara untuk mencapai cita-cita pendirian NKRI yang luhur.

“Mengusung tema ‘Santri Bertumbuh, Berkarya dan Berdaya’, tentunya ini adalah sebagai bentuk dari pada tema pengembangan yang secara nasional bahwa santri siaga jiwa dan raga”, ungkap pria yang juga merupakan Wakil Sekretaris PCNU KBB ini.

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam HSN 2021 KBB diantaranya adalah melaksanakan upacara yang dilaksanakan di depan halaman Gedung Kemenag KBB.

“Kami juga melakukan ziarah napak tilas yang dipusatkan kepada para sesepuh NU KBB, dan juga mengadakan beberapa kegiatan lomba”, lanjut Anton.

Beberapa lomba yang dilaksanakan di dalam kegiatan HSN 2021 ini adalah sebagai bentuk untuk mengukur dari pada kemampuan para Santri.

“Dantaranya adalah mengadakan lomba karya ilmiah, kemudian mengadakan Halaqah tentang undang-undang Pesantren, lomba Shalawat, lomba busana Muslim, lomba tumpeng, dan lomba pidato, yang Insya Allah kami siapkan hadiah untuk para pemenang”, terang Anton.

Panitia juga mengadakan bakti sosial yang diantaranya adalah melaksanakan donor darah, dan membagikan beberapa bingkisan yang diperuntukkan kepada orang-orang mustahik yang tidak mampu.

“Ini jumlahnya 100 paket, lalu kemudian ditambah dengan 100 paket lagi adalah paket sekolah yang diperuntukkan bagi para anak yatim yang tentunya yatim piatu yang tidak mampu”, ungkap Anton.

Dilanjutkannya, Insya Allah pada tanggal 25 Oktober mendatang panitia dengan di koordiinir Ibu-ibu Muslimat PCNU KBB akan mengadakan vaksinasi secara umum yang akan dipusatkan di Cililin, tepatnya di Ponpes Al-Huda.

“Tadi malam kami juga melaksanakan Istighosah bersama yang bertempat di Ponpes Al-Amin Sumber Kembang Citalem, Kecamatan Cipongkor”, beber Anton.

Tak lupa Anton juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan HSN 2021 KBB.

“Terima kasih kepada semua pihak, panitia, pengurus PCNU, Kemenag, para Donatur, BAZNAS kabupaten Bandung Barat , sama Lazisnu Bandung Barat”dan khususnya Komandan Banser KBB yang sudah memberikan support dalam pelaksanaan HSN 2021 ini”, pungkasnya.** dull/Du2nk

Tinggalkan Balasan