SRI Media

Jasa Tirta II Raih Penghargaan TJSL BUMN Pilar Lingkungan Terbaik Kedua

JAKARTA || Sri-Media.com – Jasa Tirta II berhasil meraih capaian membanggakan dengan memperoleh penghargaan sebagai BUMN dengan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kategori Pilar Lingkungan terbaik kedua pada acara Penghargaan BUMN Track TJSL & CSR Award Tahun 2021. Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Divisi Umum dan PKBL Jasa Tirta II Deri Damanhuri di Ballroom Hotel JW Marriott Kawasan Mega Kuningan Jakarta, 14 Oktober 2021.

Predikat BUMN Terbaik Kedua Pilar Lingkungan disandang oleh Jasa Tirta II karena berhasil melaksanakan program TJSL Biogas di Hulu Sungai Citarum untuk mengurangi pencemaran lingkungan melalui kotoran hewan yang dibuang ke Sungai. Program biogas ini menjadi TJSL unggulan Jasa Tirta II yang berjalan sejak tahun 2017 hingga saat ini.

Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko Jasa Tirta II Haris Zulkarnain mengungkapkan program TJSL ini selain bertujuan mengurangi limbah kotoran hewan yang berpotensi mencemari sungai, juga menciptakan produk bio digester sebagai salah satu Energi Terbarukan yang menjadi lahan perekonomian untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui nilai tambah ekonomi peternak sapi perah.

Pembuangan Limbah Ternak ke Citarum dan Anak Sungai Citarum menyebabkan terjadinya pencemaran yang memerlukan penanganan secara komprehensif sehingga pembangunan biogas di Hulu Sungai Citarum ini menekankan upaya community empowerment.

“Pemberdayaan Masyarakat (Community Empowerment) menjadi kunci agar kegiatan dapat berjalan secara Berkelanjutan (Sustainable) sehingga mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat dan konservasi sungai Citarum,”ucap Haris Zulkarnain.

Program biogas ini mendapat dukungan dari Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Agus Suharyono. Melalui program biogas ini, beliau menyaksikan efek berjenjang dari kepedulian BUMN. Dari mengatasi pencemaran air akibat kotoran sapi hingga hidupnya perekonomian masyarakat seperti munculnya pengolahan biogas, peternakan cacing dan pupuk organik .

“Mudah-mudahan ini dapat memberikan motivasi kepada BUMN lain untuk ikut serta dalam program-program seperti ini. Itulah semangat TJSL BUMN, semangat kolaborasi,”ujarnya.

Sementara itu, TJSL & CSR Award 2021 merupakan event perdana yang digagas oleh BUMN Track didukung oleh Indonesia Shared Value Institute (ISVI), sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi tertinggi bagi BUMN dan Anak Perusahaan BUMN yang telah menjalankan program TJSL&CSR yang in-line dengan empat pilar SDGs berupa Pilar Sosial, Ekonomi, Lingkungan, Hukum dan Tata Kelola, serta memberikan nilai tambah (Creating Shared Value) bagi perusahaan.

Proses penilaian terdiri dari beberapa tahap seleksi dan verifikasi melalui pengisian kuesioner dan presentasi program TJSL dengan Dewan Juri yang telah ditentukan.

Tedi ronal

Tinggalkan Balasan